Friday, January 30, 2009

Team Work - [by Daniel Raharjo]

Hi guys…

It’s time to share again. Nah sekarang ini, yang bakal kita bahas tentang Team Work! It’s simple, but complicated…hehehe bingung kan? Kenapa saya bilang ini simple? Ya jelaslah, hampir di mana pun kita, kita ga pernah lepas sama yang satu ini. Bahkan sekalipun kita jadi Tarzan, yang notabene satu-satunya manusia di hutan sono, tapi dia juga butuh team work sama nyemot-nyemotnya…hehehe, sama cheetah dia harus bisa kerja sama. Justru partner-pertnernya Tarzan banyak loh. Ada gajah, jerapah, singa…koq malah ngomongin Tarzan? J

Nah, Tarzan aja butuh Team Work. Apalagi kita yang ada di tengah-tengah kumpulan manusia-manusia yang punya karakter beda-beda. Tapi kita tetep saling membutuhkan. Kapan kita kerja bareng? Contoh saat jadi pengurus OSIS, panitia 17-an, pemain sepakbola, bahkan saat kita lagi main games pun kita juga lagi kerja sama kan? Hehehe, tau aja ya…

Trus apa aja donk yang dibutuhin dalam Team Work?

First, belajarlah untuk tidak egois.

It’s Team! Dalam tim, yang ada adalah KITA, bukan KAMU apalagi SAYA. Ini penting. Banyak di antara kita ga nyadari ini. Tim itu terdiri dari beberapa orang. Masing-masing orang punya karakter berbeda. So kalo kita semua maksaain ego kita sendiri-sendiri, tim kita bakal ancur. Percaya deh? Kalo ga percaya bolah dicoba koq…

Second, hargai setiap orang dalam tim.

Masing-masing kita ga boleh memandang orang lain dalam tim kita itu lebih buruk, lebih bodoh dari diri kita. Anggap bahwa masing-masing kita adalah sama. Walaupun dalam panitia tetap ada yang namanya susunan panitia, bukan berarti ketua panitia bisa seenaknya sendiri. Sekali lagi hargai setiap orang dalam tim kita.

Third, kenali tujuan tim kita dan berusahalah untuk mencapai itu.

Banyak lho di antara kita yang ga tau dengan tujuan dari tim di mana kita bergabung. Misalnya kita jadi pengurus OSIS di sekolah kita. Berapa banyak dari kita yang terus mengingat tujuan dari kepengurusan itu? Kebanyakan dari kita justru berjalan apa adanya, tidak tau tujuan, dan tidak ada semangat untuk memajukan tim kita. Kita harus tau tujuan tim kita. Setelah tau, kita harus menanamkan tujuan itu ke dalam pikiran kita. Kalo pikiran kita sudah tertancap dengan tujuan itu, maka berusahalah sekuat tenaga dengan daya, kreativitas, semangat, untuk mewujudkan tujuan itu menjadi kenyataan. Mimpi itu bisa terwujud, jika ada langkah awal yang kita lakukan untuk mewujudkan mimpi itu.

Fourth, kerjakan apa yang menjadi bagian dan tanggungjawab kita.

Banyak kegagalan tim yang terjadi akibat hal ini dilalaikan. Maksudnya? Begini, bayangin aja kalo dalam satu tim sepakbola semua pengen jadi penyerang. Semua berpikir kalo saya bisa mencetak gol, maka saya akan menjadi perhatian banyak orang. Kira-kira apa yang terjadi dengan hal ini? Kiper maju sebagai penyerang, Back maju sebagai penyerang, Pemain Tengah maju sebagai penyerang, lalu Penyerang juga ada di depan untuk menyerang. Wah kalo sampe, ada tim yang kaya gini, dijamin tim ini bakal KALAH BESAR!!! Ga percaya lagi, coba aja! Hehehe…Kalo kita jadi bendahara, ya lakukan bagian kita itu. Kalo kita jadi seksi perlengkapan, ya lakukan dengan sungguh-sungguh. Masing-masing kita punya tanggung jawab sendiri-sendiri, jadi lakukanlah dengan sebaik mungkin. Kalo semua bagian berpikir seperti ini, maka tim ini akan sukses!

Fifth, “kalo ada yang salah…itu karena saya, kalo sukses…itu karena TIM”

Prinsip kaya gini memang kayanya ekstrim banget ya…tapi kalo semua anggota bagian dari tim berpikir kaya gini, pasti tim kita bisa berhasil. Kenapa? Coba renungkan…ga jarang kita saling salah-menyalahkan apabila ada sesuatu yang gagal dalam usaha tim kita. Bahkan lebih parahnya lagi saling mencari kambing hitam…(susah banget lho, nyari di pasar hewan blom tentu ada!) Nah lho…ga jantan banget kan. Tapi kalo sesuatu dalam tim berhasil dikerjakan, mulai deh yang namanya sombong-sombongan. Seharusnya kita bisa belajar bertanggungjawab untuk semua kesalahan kita dan kita mau merendahkan diri untuk menerima bahwa kesuksesan tim adalah kesuksesan bersama (bukan milik pribadi…trus untuk sombong-sombongan lagi!!!).

Nah, mungkin 5 kunci itu dulu…coba terapkan dalam tim-mu dan liat hasilnya. Kalo ada pertanyaan, boleh langsung dikirim ke alamat email saya ini. God Bless u!!!

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Ingatan Dunia akan Apa yang Telah Dunia Alami - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger