Friday, September 18, 2009

Mengelola Komentar Blog Menggunakan Disqus

Sebuah blog pasti mempunyai kolom komentar karena blog adalah tulisan tentang seseorang yang dibagikan kepada orang lain di internet. Tidak sama dengan situs – situs berita yang menyajikan tulisan – tulisan yang obyektif, blog yang merupakan pandangan pribadi kemungkinan ada perbedaan pendapat dengan pembacanya. Sebenarnya setiap platform blog telah mempunyai kolom komentar yang bisa digunakan. Hanya saja ada beberapa platform blog yang pada saat kita ingin berkomentar harus mempunyai sebuah account di website platform tersebut sebagai contoh multiply. Lalu ada juga pengguna blogspot yang men-setting pengunjung yang berkomentar harus mempunyai OpenID walaupun blogspot bisa juga di setting untuk pengguna yang hanya mencantumkan nama, email dan website.

Jika kita mempunyai lebih dari satu blog baik itu dengan platform yang sama maupun yang berbeda platform maka kita akan bolak – balik login ke beberapa blog yang kita punya untuk mengelola komentar – komentar yang masuk. Memang jika blog kita bukanlah blog yang rame sih nggak masalah. Namun jika blog kita merupakan blog yang rame dan koneksi internet nggak terlalu bagus kita bisa kerepotan sendiri.

Untuk itu sebenarnya ada solusi dalam mengelola komentar – komentar pada blog kita yaitu dengan menggunakan disqus sebagai pengelola komentar. Sebenarnya disqus sangat cocok untuk digunakan sebagai forum diskusi. Namun saat ini saya menggunakan disqus dalam blog berplatform wordpress ini karena saya suka dengan fitur – fitur yang ada dalam disqus. Antara lain jika kita setting agar komentator tidak bisa komentar tanpa menggunakan salah satu account (seperti pada blogspot), mempunyai pilihan untuk menggunakan account facebook atau tweeter untuk berkomentar. Mensupport bahasa Indonesia, pilihan layout untuk kolom komentar, dll. Pokoknya kita bisa mengcustom bagian kolom komentar sesuai dengan keinginan kita. Selain itu kita juga bisa mengatur moderasi komentar dan untuk blog ini saya setting tanpa moderasi jika yang berkomentar memiliki account disqus. Filter kata – kata, juga yang nggak kalah bagusnya blacklist pada username account disqus, email dan ip address.

Disqus juga mempunyai widget yang dapat kita pasang pada blog kita. Ada Recent Comment, Popular Tread (diskusi paling panas he he he) Top Commenters juga bisa combinasi ketiganya dalam satu widget.

http://antowi.com

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Ingatan Dunia akan Apa yang Telah Dunia Alami - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger