Wednesday, September 15, 2010

Karna Kutau Engkau Begitu - [by Daniel Raharjo]

“The bird need a nest, the spider need a web, man need friendship”. - William Blake


Ketika saya hendak menulis naskah ini, saya sedang mendengarkan sebuah siaran radio yang melantunkan lagu dari Andre Hehanusa yang berjudul “Karna Kutau Engkau Begitu”. Sebuah tembang yang cukup lawas namun familiar bagi para pengemar lagu pop, khususnya para penggemar Andre Hehanusa sendiri. Ketika sang penyanyi melantunkan syair “...karna kutau engkau begitu...karna kutau engkau begitu....”, terbersit dalam pikiran saya sebuah pesan tentang pentingnya memahami orang lain. Sekalipun lagu ini bercerita tentang ungkapan cinta seseorang, namun saya tergelitik dengan pesan yang saya tangkap dari judul lagu ini.


“Karna Kutau Engkau Begitu”, andaikata semua manusia dapat memahami kata-kata ini dan bersedia mempraktekkannya – betapa menariknya suasana kehidupan yang akan kita jalani. Kenyataannya, ketidakmampuan seseorang untuk memahami perasaan orang lain ternyata telah menjadi salah satu penyebab terbesar tidak harmonisnya hubungan kita dengan sesama. Seringkali kita dengan sadar ataupun tidak sadar telah berusaha memaksakan kehendak pribadi kita terhadap orang lain tanpa mencoba menyelami perasaan orang tersebut. Mari kita mencoba memahami, bahwa apa yang kita sukai belum tentu disukai orang lain. Hal-hal yang kita usulkan belum tentu sejalan dengan orang lain. Perbedaan pendapat itu hal yang wajar. Namun ketika perbedaan itu kita permasalahkan, maka dapat menimbulkan benih konflik bahkan mungkin dapat berkepanjangan.


Stephen R. Covey mengatakan salah satu kebiasaan/habit yang harus dimiliki oleh orang sukses adalah win – win solution. Bukan “saya” yang menang, bukan juga “Anda”, akan tetapi baik saya maupun anda sama-sama mencapai kemenangan. Hal ini dapat terjadi apabila masing-masing pihak dapat mengerti perbedaan yang terjadi, mampu menerima kekurangan masing-masing, dan yang terpenting saling memahami apa yang diinginkan oleh kedua belah pihak. Jika Anda mendapati diri Anda sedang terjebak dalam konflik antar pribadi, cobalah untuk mengingat kata-kata ini ”...karna kutau engkau begitu...”


Salam Pemenang!

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Ingatan Dunia akan Apa yang Telah Dunia Alami - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger