Monday, February 9, 2009

Belajar Menilai [By : Daniel Raharjo]

SEMANGAT!!! Orang muda harus punya semangat guys…am I right?

Orang bijak bilang, “hidup adalah sebuah anugerah yang paling indah…bila (ada bilanya nih) kita mampu belajar dari hidup kita ini.” Jadi, apa yang udah temen-temen pelajari dalam hidup temen-temen? Paling tidak dalam 1 minggu inilah…

Justify FullAda yang bilang “ga dapet apa-apa.” ,ada yang bilang “aku udah belajar masak.”, ada lagi mungkin yang bilang “kalo aku sih ga perlu belajar, aku kan udah pinter.” Wah, bisa banyak jawaban yang macem-macem nih dari temen-temen semua……Tapi apapun jawaban temen-temen, sekarang saya mau berbagi sesuatu buat temen-temen semua.
Sekarang coba temen-temen perhati’in gambar di bawah ini.

( Perhati’in baik-baik gambar ini, baru temen-temen boleh melanjutkan membacanya.)

Liat baik-baik ya…………………..
Apa yang temen-temen liat ?

Ada yang bilang, aku ngeliat gambar siluet wajah seorang wanita. Itu memang benar. Itu memang bisa dibilang gambar wajah seorang wanita. Tapi ternyata ada yang bilang itu gambar seorang yang idungnya mancung banget, lagi maen saxsofon. Lho, koq bisa..? Tapi itu juga jawaban yang bener lho. Hehehe…. Kalo diperhatikan baik-baik, gambar ini memang seperti punya 2 makna. Jadi kita harus melihat dan menilainya dengan baik, sebelum kita menjawab pertanyaan tadi.

Dalam hidup kita sering lho kaya gitu. Kita dihadapkan pada sebuah kenyataan, lalu kita menilainya. Seringkali kita hanya menilai sesuatu atau seseorang, dengan hanya sekali liat. “O itu si A kaya gini lho…o kalo si B orangnya payah, beda memang kaya si C. Kalo C mah, dari luarnya aja kita bisa tau kalo dia anak baek-baek.” Eittt, tunggu dulu!! Apa semua penilaian kita tadi bener? Belum tentu guys…Sering banget lho, kita ini menilai sesuatu hanya dengan sekali liat. Trus kita omongin penilaian kita itu ke orang-orang, eh udah terlanjur nyebar ke orang banyak, ternyata penilaian kita itu SALAH BESAR!! Gimana? Bisa kebayang ga malunya hati ini…ceile…mau ditaruh di mana muka ini…di bagasi kale hehehe. Malu banget kan??

Nah…trus gimana donk? Kalo kita udah tau tentang hal ini, ya dilakuin lah. Waktu kita ngeliat sesuatu atau seseorang, jangan langsung angkat suara kita yang merdu kaya kernet Angkot yang latihan nyanyi buat ikut karaoke 17-an. (Nglantur banget ya…)

Stay cool dulu lah. Kita jangan terburu-buru dalam menilai. Liat segala sesuatu dari berbagai sudut. Timbang-timbang apa yang menjadi penilaian yang terbaik (yang paling baik, bukan yang dianggap orang baik). Kenapa begitu ? Karena belum tentu apa yang dinilai orang banyak itu baik, maka berarti itu benar-benar baik. Misal, jika seluruh orang di dunia ini berkata bahwa bumi itu datar, maka benar bahwa bumi itu datar. Yang sebenarnya kita tau, setelah Christoper Columbus berlayar, dan di berhasil membuktikan bahwa dunia itu bulat, maka sekarang seluruh dunia mengikuti teori yang diomongin Columbus. Kita pun harus bisa berpikir kaya gitu. Jangan mudah terpengaruh dengan penilaian orang banyak. Nilailah dengan hati-hati, gunakan hati nurani kita (kaya Pemilu aja ya..), trus usahakan untuk tidak terlalu berpikir negatif terhadap sesuatu hal jika kita tidak benar-benar tau yang sebenarnya. Understand ya..?

Intinya men, segala sesuatu tuh harus dinilai dengan baik-baik, ga perlu cepet-cepet, nanti malah malu. Kalo orang meminta penilaian dari kita, coba nilai dengan baik-baik, salah-salah bisa malu bahkan malu-maluin temen-temennya hehehe. Tapi saya yakin, seyakin-yakinnya, kalo temen-temen semua bisa ngontrol diri untuk tidak cepat-cepat mengambil penilaian sebelum ditimbang dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya…hehehe..kaya 17-an aja…tapi jangan terlalu singkat, nanti malah salah.

Yakobus pernah bilang, “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;”

So, jadilah pemuda yang bijaksana dan juga bijaksini (maksudnya, di sana bijak, di sini juga bijak, di mana-mana bisa bersikap bijak). Dengan begitu, kita orang-orang muda bisa jadi contoh yang baik buat orang-orang di sekitar kita..Betul ga? God Bless u guys…
Ketemu lagi di seri inspirasi berikutnya ya…bye…see u…Matur Nuwun

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Ingatan Dunia akan Apa yang Telah Dunia Alami - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger